Tetautan | 5 Juni 2019

Dari pembahasan salah satu ayat tersulit dalam Alkitab, sampai sebuah studi tentang “kebutaan” para pakar spesialis. Selamat membaca.

The Most Difficult Verse in the Bible?

1 Korintus 15:29 — “Jika tidak demikian, apakah faedahnya perbuatan orang-orang yang dibaptis bagi orang mati? Kalau orang mati sama sekali tidak dibangkitkan, mengapa mereka mau dibaptis bagi orang-orang yang telah meninggal?” Ayat itu tentu merupakan salah satu bagian paling membingungkan dalam Alkitab. Artikel ini menyajikan beberapa interpretasi yang memungkinkan, termasuk dari Jonathan Edwards, seorang pemikir dan teolog terbesar di Amerika. Mengingatkan kita bahwa walaupun tidak semua bagian dari Alkitab mudah untuk dipahami (lih. 2 Petrus 3:15-16), tapi kita tetap perlu memikirkannya dengan pertolongan Roh Kudus dan seringkali “bersama-sama” orang-orang kudus sepanjang sejarah gereja.

Prayer Request: More Negative Prosperity-Gospel Stories

John Meyer adalah seorang pengajar sesat yang sayangnya sangat berpengaruh. Selama bertahun-tahun ia mengajarkan “injil” palsu yang menjanjikan kesehatan fisik, kekayaan, dan kebahagiaan hidup yang fana. Dalam postingannya baru-baru ini di Instagram, ia sepertinya menyadari kesalahannya ini. Artikel ini menceritakan penjelasannya, sekaligus menceritakan kesaksian yang sangat penting tentang pertobatan Costi Hinn, keponakan dari Benny Hinn — pengajar sesat lainnya.

Bagi saya sendiri, pernyataan Meyer belum cukup untuk menunjukkan pertobatannya. Ia mengatakan injil kemakmuran yang diberitakannya “tidak berimbang”. Bagi saya injil kemakmuran bukannya tidak berimbang melainkan secara total salah dan sesat. Selain itu dalam video-videonya setelah peristiwa itu kita juga masih bisa merasakan teologi yang sama masih menguasai cara pandangnya. Saya teringat cerita dari Pdt. Benyamin Intan tentang seorang ibu yang sangat bersyukur bisa keluar dari sebuah gereja karismatik yang mengajarkan injil kemakmuran, namun tetap sedih karena cara pikir yang telah ditanamkan di gereja lamanya bertahun-tahun masih tetap sulit untuk dibersihkan semuanya. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana hal itu bisa berkali-kali lebih sulit bagi Joyce Meyer yang tidak hanya diajarkan tapi mengajarkan injil palsu itu setiap hari kepada jutaan pendengar.

18 Paintings Christians Should See

Saya sedang sangat tertarik mempelajari apresiasi seni; menikmati karya seni dengan benar dan bertanggung jawab sesuai dengan worldview Kristen. Artikel ini merupakan artikel yang sangat berharga, karena selain 18 lukisan yang dipaparkan beserta dengan komentar dari berbagai kontributor penting, setiap link masing-masing juga membuka “lubang kelinci” baru untuk dijelajahi. Saya sangat suka artikel yang kaya denganĀ resources seperti ini.

The Peculiar Blindness of Experts

Belakangan ada pandangan yang sangat menarik yang mengatakan bahwa menjadi seorang generalis yang menguasai banyak bidang pengetahuan ternyata lebih baik daripada menjadi seorang spesialis yang secara khusus mendalami satu bidang. Artikel ini menunjukkan salah satu aspek dimana para spesialis ternyata terbukti sangat tidak kompeten yaitu membuat prediksi atas masa depan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: